Sunday, January 5, 2014

Kita Perlu Mendalaminya

"Don't judge a book by it's cover."
 
THAT'S RIGHT!
Masih ada orang yang nyepelein kata-kata itu?
Makna dari kata-kata itu dalem lho kalo dirasain. Bener deh.

Ya, kita beranggap-anggap saja sebagai contohnya.

Buku. Ya. Ketika kamu ke toko buku dan ngeliat satu buku yang cetakannya biasa aja dan terbilang nggak menarik. Otomatis kita langsung "Halah, buku biasa aja kaya gitu nggak usah dibeli." kemudian kita langsung mencari buku yang ebih menarik.

Nggak lama setelah itu ada orang lain mengambil buku yang kurang menarik tadi sambil berbincang-bincang. "Coba deh kalian lihat buku ini, isinya menarik buat dibaca dan nggak ngebosenin. Banyak informasi yang dikasih juga lho."
 
Sedangkan disaat yang bersamaan kita udah nemu buku yang lebih bagus dan ketika kita buka, isinya malah mengecewakan. Sometimes, the bad things isn't bad at all and the good things isn't good at all. Bisa saja kebalikannya, Yang tampilan luarnya menurut kita nggak menarik, punya isi yang ternyata menarik banget gitu lho. Sedangkan yang tampilannya menarik, isinya malah mengecewakan hati kita. Keduanya memang bisa menimbulkan perasaan menyesal kok.

Gimana, sih, perasaan kalian kalau lihat yang kaya gitu? Nyesek? Nyesel? Kecewa? Iya, aku tahu kok rasanya.
Itu hanya salah satu contoh paling simple lho menurutku. Sedangkan di luar sana masih banyak contoh seperti itu, bahkan bisa-bisa sampai bikin kamu bingung harus pilih yang mana.

Tentu sih aku sendiri pernah kaya gitu. Tapi aku udah sadar, aku belajar mendalami makna itu. Coba kalau kamu sendiri diposisikan sebagai buku yang tampilannya kurang menarik kemudian kamu diperlakukan kurang baik kaya gitu? Sakit hati kan? HAHAHAHAHAHAHAAKUUDAHPERNAHHAHAHAHA.

La terus cara nilai seseorang/sesuatu waktu pertama kali tahu itu gimana?

Ya lihat point-point positif dari seseorang/sesuatu itu. Jangan cuma ketika seseorang/sesuatu itu baru memunculkan 1 sisi negatif, itu langsung membuat kalian berpikir yang negatif juga. Secara nggak langsung you've judge them by their cover. Guys, you should've seen something from the other point of view. DO NOT see something only in one point of view. Karena ketika kamu hanya melihat sesuatu dari satu sisi saja, kamu langsung menarik kesimpulan sendiri dari suatu hal tersebut. Dan ketika kamu melihat sesuatu dari sisi yang lain, kamu akan mendapatkan maknanya.

No comments: