Tuesday, December 31, 2013

3. Softnews Tentang Desa



Desa Wisata Budaya Grogol Yogyakarta

Banyak desa wisata yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah menjadi salah satu aset wisata. Salah satunya Desa Wisata Budaya Grogol yang berada di Kelurahan Margodadi, Kelurahan Sayegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Desa ini sudah diresmikan sejak 2001 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan aktif hingga sekarang sebagai menjadi salah satu tempat kunjungan wisata di Yogyakarta. Terbentuknya desa ini juga tak lepas dari tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Kawasan desa ini juga terkenal sebagai jalur dakwah Sunan Kalijaga pada masanya. Desa wisata ini juga mengangkat potensi upacara adat midang yang menimbulkan kepercayaan jika ada seseorang yang datang dan mengucap doa permohonan, akan terkabul. 

Karena dikenal sebagai Desa Wisata Budaya, tentu saja desa ini memiliki banyak potensi seperti alam dan tradisi. Contoh dari seni tradisi tersebut meliputi belajar membatik, tari-tarian, musik gamelan, dll. Sedangkan potensi alam yang ada yaitu outbond seperti river tubing. Mayoritas masyarakat desa ini adalah seniman sehingga tak sedikit jumlah sanggar seni yang ada di desa ini.

Tidak hanya potensi alam dan tradisi, Desa Wisata Budaya Grogol juga mampu memproduksi minuman jamu mereka sendiri yang dijadikan sebagai welcome drink untuk menyambut para wisatawan yang datang.

No comments: