Tuesday, December 31, 2013

1. Diary Kegiatan


Togetherness means Everything For Me



                Sabtu (28/12), Padakacarma dan Rubrik Kaca Kedaulatan Rakyat melaksanakan outbond bersama di Desa Wisata Grogol. Itu pertama kalinya outbond bersama orang-orang baru dikenal selama kurang lebih 2 hari. Awalnya sedikit canggung, tapi yang namanya pasti ada komunikasi, ya sedikit demi sedikit canggungnya hilang dan muncullah keakraban. Outbond kali ini juga pertama kalinya outbond yang aku ikuti bersama KR.


                Kegiatan outbond ini dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Semua peserta berkumpul di KR pukul 06.30 WIB. Tapi sayangnya waktu itu aku bangun kesiangan jadi sampai disana jam 07.00 WIB. Jadi telat briefing untuk outbond hari itu. Tapi untungnya aku datang waktu pembagian kelompok. Yah, nggak terlalu telat lah datangnya.


                Setelah selesai briefing, kami semua kemudian melaksanakan perjalanan menuju Desa Wisata Budaya Grogol bersama-sama naik bis yang sudah disiapkan. Perjalanan ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Karena aku mengantuk sekali waktu itu, kadang aku tertidur di bis saat perjalanan.


                Akhirnya sampai juga di Desa Wisata Budaya Grogol. Sesampainya disana, kami segera menuju ke suatu rumah yang akan menjadi tempat singgah kami selama di sana. Waktu sampai disana, juga diberi welcome drink yang berupa jamu Beras Kencur dan Kunir Asem yang khas buatan dari masyarakat Desa di sana. Menurutku jamunya enak karena aku suka jamu, tapi jamu Kunir Asemnya terlalu manis. But so far so good. Setelah sampai rumah singgah itu, kami diperbolehkan untuk istirahat sejenak sambil menunggu bis kedua datang.


                Tak lama kemudian, bis kedua datang dan kami segera bersiap-siap untuk melaksanakan outond. Jalan dari rumah singgah sampai wahana outbond tidak lama. Aku senang di sini karena bisa lihat pemandangan sawah dan pohon-pohon yang masih hijau, yah namanya juga di kota jarang lihat seperti itu, apa salahnya? Hihi. 


                Sesampainya di wahana outbond, semua peserta bersama seluruh pemandu outbond baris berbaris untuk pemanasan sejenak sebelum kegiatan outbond dilaksanakan. Selain itu, ada games kecil yang diberikan pemandu outbond kepada kami untuk melatih konsentrasi kami. Games ini juga dipakai untuk membagi jumlah kelompok. Saat membagi jumlah kelompok, ternyata peserta yang mengikuti kegiatan outbond ini tidak sedikit. Yah, jumlahnya kurang lebih 60 orang. Awalnya aku kira tidak 60 orang yang ada, tapi ternyata kenyataan berbicara lain.


                Setelah sedikit pemanasan dan games kecil akhirnya outbond yang sesungguhnya dimulai. Ada 4 kelompok yang terdiri dari kurang lebih 15 orang. Di kelmpok ini, tidak hanya terdiri dari padakacarma atau crew kaca saja. Akan tetapi juga terdiri dari para calon reporter kaca, padakacarma dan para reporter kaca pada saat itu. Kelompokku terdiri dari 14 orang yang dimana kelompok ini diberi nama Undur-Undur. Game pertama yang kelompok kami jalani adalah Jembatan Goyang. 


                Pada saat giliranku mencoba jembatan ini, naasnya aku terjatuh ketika menyebranginya. Hasil dari jatuhnya aku dari jembatan ini adalah pergelangan kaki dan pahaku memar dan rasanya bukan sakit. Melainkan nyeri. Tadinya aku ingin mencoba lagi melewati jembatan itu, Tapi apa daya pergelangan kakiku terlalu nyeri. Tapi hal itu tidak membuatku berhenti untuk bermain di wahana lainnya.


                Setelah bermain di Jembatan Goyang, kelompokku melanjutkan pada games yang ada lumpurnya, yah aku tidak tahu nama gamesnya apa. Yang jelas di sini, kami harus merayap melewati lumpur tersebut. Pada bagian pertama, aku tidak ikut merayap, Tetapi pada bagian kedua aku akhirnya ikut merayap. Selesai Dari tempat berlumpur itu, kami melanjutkan di kolam yang dimana dalam permainan ini seharusnya kami harus mencari koin yang dilemparkan pemandu ke dalam kolam.


                Selesai bermain games yang di kolam tersebut, kami, kelompok Undur-Undur melanjutkan permainan bernama River Tubing. Jujur, wahana ini yang paling aku suka karena bisa lebih santai dalam bermain walaupun harus berlajan jauh terlabih dahulu. Tapi tidak apa-apa namanya juga bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Hehe. Games terakhir yang kami laksanakan yaitu berada di lapangan. Dalam bagian ini, terdapat 2 permainan sekaligus. Dalam permainan kedua, yaitu semacam berlajan dalam terpal, itu yang paling melelahkan karena harus mengangkat tangan keatas kemudian menyalurkan terpal dan itu harus bolak balik saat membawa air.


                Kegiatan outbond pun selesai. Kemudian kami makan siang bersama dilanjutkan serah terima jabatan Padakacarma yang berlangsung lumayan lama karena juga ada sharing dari mas mbak Padakacarma.


                Acara terakhir yaitu sedikit presentasi mengenai Desa Wisata Budaya Grogol yang diberikan salah satu warga disana. Akhirnya acara hari itu selesai pukul 17.00 WIB dan kami semua pulang.

No comments: